Wabup Humbahas, Dr.Oloan Paniaran Nababan, SH MH. Meninjau Lokasi Banjir Bandang. 

Oleh : Tonny

 

 

 

 

Bencana banjir bandang terjadi lagi di Humbahas Provinsi Sumatera Utara tepat didesa Sion julu Dusun IV Alahan Lebuh dan Sion Tonga Kecamatan Parlilitan Sekitar Jam:17.30 wib. Rabu (6/3/2024). 

 

 

Wakil Bupati Humbang Hasundutan Dr.Oloan Paniaran Nababan , S.H.M.H didampingi oleh Kasi Kesra Sarlo Sihombing, Kepala Desa Sionom Hudon Julu (Sion Julu) Berawan Tumanggor , Kepala Desa Sionom Hudon Tonga (Sion Tonga) Sahat Hasugian Serta

 Perangkat Desa, Koramil Kecamatan Parlilitan, Dinas BPBD Humbahas dan tokoh masyarakat setempat, Jumat (8/3/2024). 

 

 

Banjir bandang terjadi di desa Sion Julu karena diguyur hujan, sehingga lereng gunung yang tepatnya di hulu desa Sion Julu longsor di dua titik dan menghambat aliran Sungai Sigan ( Lae Sigan) laksana bendungan. 

Baca Juga :  Camat barumun tengah serahkan tropy kejuaraan kepada sang juara barteng

Karena debit sungai semakin naik, maka material yang menghambat aliran sungai tersebut amblas diterjang air sungai Sehingga merusak lahan pertanian atau Sawah warga desa Sion Julu yang sebagian besar Sudah dikerjakan dengan menggunakan Handtraktor, dalam hitungan waktu setengah jam semuanya menjadi Rusak berat.

 

 

Akibat banjir bandang yang telah terjadi di Desa Sion Julu, Sawah warga Sion Tonga juga menjadi rusak berat tertimbun material, pasir, batu, batang pohon dan sampah. Padahal sudah sebahagian lahan Sawah sudah siap tanam, Karena Sumber pendapatan warga adalah sebahagian besar dari hasil bertanam padi. 

Luas lahan pertanian dan Sawah belum pasti diketahui, karena Pihak terkait masih mengumpulkan data luas Lahan dan kerugian warga. 

Baca Juga :  Hari terakhir Safari Muharram 1445 H, Pemkot Padangsidimpuan Jumpai warga desa Baruas

 

 

Wabup menyampaikan, telah melakukan koordinasi dengan pihak pihak terkait untuk membantu evakuasi material banjir bandang yang ada, serta turut membantu proses evakuasi longsor dan ikut memperbai jembatan menuju Dusun IV Alahan Lebuh Desa Sion Julu yang terdampak banjir.

 

Pada kesempatan tersebut Wabup tak lupa juga memberikan bantuan/ tali asih secara pribadi kepada masyarakat yang terdampak korban Banjir Bandang, serta memberikan semangat dan nasihat agar tetap selalu berdoa kepada Tuhan dimanapun kita selalu berada.

 

 

 

Wabup yang bersifat toleransi, Sosial dan penuh perasaan yang selama ini dekat dengan masyarakat, Wabup pun tidak lupa memberikan bantuan/ tali asih secara pribadi kepada masyarakat yang terdampak korban Banjir Bandang, serta memberikan semangat dan Nasehat agar tetap selalu berdoa kepada Tuhan dimanapun kita berada.

Baca Juga :  Ribuan Pasang Mata Saksikan Kemeriahan Pawai Deville Semarak HUT ke-78 Republik Indonesia di Kota Padangsidimpuan

 

 

Namun yang dipastikan oleh warga, ada tiga Handtraktor yang hilang milik warga Desa Sion Julu akibat banjir tersebut namun tidak bisa dipastikan apakah Handtraktor tertimbun material atau ditenggelamkan oleh air sungai ke hilir. 

Pemilik Handtraktor tersebut adalah; Jenry Sinaga, Sudri Situmorang, Sappang Tumanggor.

Array
Related posts
Tutup
Tutup