Apel Kehormatan dan Renungan Suci Peringati HUT RI Ke-79 di Muara Enim, Dipimpin Kapolres AKBP Jhoni Eka Putra

Oleh : Ali 

 

News intelijen. Muara Enim – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci pada Sabtu (17/8/2024) tepat pukul 00.00 WIB. Acara ini digelar di Taman Makam Pahlawan Ksatria Pertiwi, Pelawaran Muara Enim, sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pj. Bupati Muara Enim, H. Henky Putrawan, SPt., MSi, MM, bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Muara Enim turut hadir dalam kegiatan tersebut.

 

Kapolres Muara Enim, AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MSi, bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam apel yang penuh dengan rasa khidmat tersebut. Prosesi upacara dimulai dengan heningnya suasana saat tepat pukul 00.00 WIB, ketika semua penerangan dipadamkan. Hanya cahaya lilin yang menerangi area upacara, dinyalakan oleh puluhan anggota Pramuka yang turut berpartisipasi, menambah kesan khidmat dan haru di malam itu.

Baca Juga :  Polres padang lawas laksanakan Latihan sispamkota untuk mengantisipasi situasi apa bila terjadi unjuk rasa

 

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah berjasa bagi negeri ini. kemudian membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci yang menyentuh hati semua yang hadir. Suasana semakin hening saat semua peserta upacara mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia.

 

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen penting di Kabupaten Muara Enim, termasuk para Staf Ahli, Asisten, serta Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Selain itu, unsur TNI-Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), serta pelajar dari berbagai sekolah di wilayah Muara Enim juga turut hadir, menunjukkan rasa hormat dan kebanggaan terhadap para pahlawan.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas Personil Penyelenggara Kesekretariatan, Setum Polda Sumut Gelar Rakernis Tahun 2023

 

Kapolres Muara Enim, AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MSi melalui Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM Situmorang menerangkan Pelaksanaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini merupakan tradisi tahunan yang selalu dilakukan oleh pemerintah daerah sebagai wujud penghargaan yang mendalam terhadap jasa-jasa pahlawan dan pentingnya mengenang sejarah perjuangan para pahlawan sebagai inspirasi dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih.

 

Momen ini juga diharapkan dapat menjadi pengingat bagi generasi muda untuk terus menghargai dan melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan semangat nasionalisme dan patriotisme. Nilai-nilai perjuangan, pengorbanan, dan cinta tanah air yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan harus terus diwariskan dan dijaga agar Indonesia semakin maju dan sejahtera.

Baca Juga :  Antisipasi Laka Lantas, Personil Polsek Minas Giat Strong Point di Sejumlah Titik Rawan Laka

 

Dengan berlangsungnya apel kehormatan ini, seluruh peserta diharapkan semakin memahami betapa besar pengorbanan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Apel kehormatan ini juga menjadi momen penting untuk memperkuat tekad dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Ali intelijen

Array
Related posts
Tutup
Tutup