Peran La Ode Riago Perkenalkan Baju Adat Muna di Istana Merdeka di HUT RI ke-79 Hingga Dapat Penghargaan **

Jakarta News intelijen.com

Jakarta – Pada Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Sabtu (17/8) di Istana Merdeka, Jakarta secara hybrid, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan berupa sepeda kepada tiga pemenang busana terbaik. Salah satu pemenang tersebut adalah La Ode Riago, Ketua Umum Persatuan Masyarakat Muna Indonesia (PMMI).

 

Selain La Ode Riago, dua pemenang busana terbaik lainnya adalah Stara Mutiara dan Eka Poedji Hartanto. Upacara penurunan bendera tersebut disiarkan langsung dari Istana Negara yang terletak di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Siaran tersebut ditampilkan di layar lebar di halaman Istana Merdeka untuk tamu undangan di Jakarta.

Baca Juga :  Ibu camat LELI ANA HARAHAP pimpin upacara HUT RI ke 79 di kecamatan sihapas barumun

 

La Ode Riago mempersembahkan penampilan menawan dengan busana adat Muna yang berwarna oranye kuning keemasan. Pakaian adat tersebut terdiri dari bhatu, bheta, sala, dan songko—juga dikenal sebagai kampurui oleh masyarakat Muna—yang menonjolkan kekayaan budaya lokal dalam perayaan kemerdekaan.

 

Peringatan HUT RI ke-79 tahun ini diadakan di dua lokasi, dengan upacara pengibaran dan penurunan bendera dilaksanakan di Istana Negara di IKN, Kalimantan Timur, yang dipimpin oleh Presiden Jokowi sebagai inspektur upacara. Pejabat dan tamu undangan di Istana Merdeka menyaksikan upacara dari IKN secara langsung, termasuk Presiden terpilih Prabowo Subianto.

 

Di IKN, penghargaan busana terbaik juga diberikan kepada Alpiansyah Rechza, Widia, Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Annisa Pohan. Upacara ini menandai momen bersejarah pertama kalinya dilakukan di ibu kota baru Indonesia, menggabungkan tradisi dengan inovasi dalam perayaan kemerdekaan.

Baca Juga :  Safary Ramadhan di kecamatan sihapas barumun

 

Laporan: Anto Rahim

Array
Related posts
Tutup
Tutup