Prestasi La Ode Riago Memberikan Kebahagiaan Kepada Masyarakat Sultra, Muna Pada Umumnya *

Oleh :Anto

 

Newsintelejen.com – La Ode Riago yang dikenal sebagai Ketua Umum Persatuan Masyarakat Muna Indonesia, tepat pada tanggal 17 Agustus 2024 menghadiri undangan langsung dari Kerajaan Nusantara untuk mengikuti Upacara kemerdekaan yang ke – 79 diistana negara.

 

Dalam perjalanannya, La Ode Riago saat upacara mengenakan pakaian Adat Muna dengan motif Kuning keemasan dengan filosofi ( bheteno Netombula )yang merupakan Raja pertama Muna bernama Yang Mulia La Eli dan allhamdulillah mendapatkan penghargaan serta terpilih nomor 1 terbagus dari beberapa pakaian adat dikerajaan Nusantara se – Indonesia yang hadir pada upacara kenegaraan di istana negara ke – 79.

 

Kebahagiaan itu ditandai dengan adanya penghargaan langsung dari Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dimana Pak La Ode Riago berhasil tampil indah dengan pakaian lengkap adat Muna seperti seorang Raja yang tetap menjaga budayanya serta menunjukan ciri khas daerahnya Provinsi Sulawesi Tenggara khususnya Muna yang kental dengan budaya.

Baca Juga :  DPC-PPDI Kab Rohul Menggelar Rapat Persiapan Pelantikan Jajaran DPC-PPDI Rohul. 

 

Dengan prestasi yang kita torehkan ini saat HUT RI Ke – 79 di istana negara, ini menunjukan suatu gambaran bahwa kita sebagai warga negara yang memiliki aneka ragam suku, budaya, bahkan bahasa harus benar – benar kita jaga dengan baik, “kita bersama – sama kita jaga budaya kita dengan tujuan mengangkat nama daerah bahkan budaya apalagi menjaga yang namanya persatuan”, ucap beliau sambil mengucap rasa syukur.

 

Prestasi ini Untuk daerah, masyarakat Sultra, Muna, untuk kita semua, ini merupakan kesyukuran bagi kita semua. Saya berharap kedepannya pemerintah provinsi sampai daerah selalu memberikan support sehingga kita tetap kolaborasi bersama dalam menjaga adat dan budaya kita.

Baca Juga :  *Semarak HUT RI Ke -78 Satgas Pamtas RI - PNG Yonif RK 111/KB bersama Masyarakat Boven Digoel Papua Selatan Tancap dan Kibarkan Bendera Merah Putih* Boven Digoel, "Kitorang Basudara" semakin dekat dengan hari perayaan HUT RI Ke 78 semakin banyak aktifitas Masyarakat bersama TNI/Polri mempersiapkan untuk kegiatan HUT RI Ke 78 di Kab.Boven Digoe, Prov.Papua Selatan, Minggu (13/08/2023) Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif RK 111/KB bersama pemerintah daerah dan Instansi Kewilayahan Kodim 1711/Boven Digoel saling Kolaborasi menyemarakan HUT-RI ke 78 di Wilayah Korem 174/ATW dengan berbagai kegiatan dan mengibarkan bendera merah putih hampir di sepanjang jalan, perkantoran dan perumahan Warga. Dansatgas Letkol Inf. Agus Satrio Wibowo, mengatakan pihaknya akan membantu pemerintah dalam memberikan pengamanan pada pelaksanaan HUT- RI ke 78 bersama, Kodim dan Polres Boven Digoel, Ujarnya. Rasa Cinta Tanah Air dan Nasionalisme Warga Papua Selatan sangat terlihat dengan antusias berbaur dengan seluruh instansi pemerintah untuk meyemarakan HUT RI ke 78, dengan harapan hari kemerdekaan RI di tanah Papua dapat berjalan aman dan lancar,

 

Disisi lain, kebahagian itu tidak hanya hadir dari beliau, melainkan dengan masyarakat, karna sejak negara menganugerahi baju adat Muna di istana negara banyak ungkapan rasa syukur seperti ucapan dalam diskusi di group -: group WA mengenai penghargaan yang ditorehkan.

 

Ucapan itu misalnya ” Raihan Awards Pak Riago adalah bentuk jawaban elegan atas kritik sebagian publik wuna terhadap eksistensinya..

 

Resistensi publik dijawab dengan raihan prestasi. Nih karakter Bangsawan yg sebenarnya (the Primus Inter Parents)

 

Patut menjadi role model mieno wuna ketika diberi amanah atau jabatan publik….

 

Sekiranya puluhan hartawan mieno seperti Pak Riago? Insya Allah Wuna maju pesat.📣👍”

Baca Juga :  BENDERA MERAH PUTIH BERUKURAN 50 M, DIKIBARKAN SECARA SERENTAK DI OBYEK WISATA PONOT KEC. AEK SONGSONGAN KAB. ASAHAN

 

Maka dari torehan ini, saya juga persembahkan untuk seluruh masyarakat Muna, dan saya akan museumkan di tempat museum kita di Muna agar menjadi bukti sejarah bahwa negara hadir menganugerahi baju kerjaan adat Muna dalam acara besar kenegaraan disaat mata dunia melihat bukti sejarah ini, tutupnya.

 

 

Laporan : Anto R

Array
Related posts
Tutup
Tutup