Pelaksanaan Kegiatan MATSA Ponpes Gunung Selamat Libatkan Alumni PPGS

Padang Lawas, News intelijen
Setiap memasuki tahun pelajaran baru, proses pembelajaran di lingkungan Yayasan Pondok Pesanteren Gunung Selamat (YPPGS) yang terdiri 3 tingkatan  yaitu : 1. MTs Al Furqon, MA Al Falah dan SMK Al Huda pada semua jenjang selalu diawali dengan masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah kepada santri – santri  baru yang dikenal dengan istilah “Masa Ta’aruf Santri (MATSA)”.

Masa Ta’aruf Santri (Matsa) adalah masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah atau madrasah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah dan pontren.

Kegiatan Matsa di YPPGS  sebelumnya di awali dengan kegiatan daftar ulang santri – santriah baru dan santri – santriah lama melaksanakan sholat dhuha sebelum melaksanakan kegiatan kbm dan tujuannya sejalan dengan kegiatan Matsa. Kegiatan masa ta’aruf santri ini dilaksanakan pada tanggal  16 sampai dengan tanggal 18 Juli 2024.

Baca Juga :  Bupati Serahkan Laporan Keuangan Unaudited Pemkab Humbahas 2023 ke BPK-RI Perwakilan Sumut

MATSA YPPGS  dilaksanakan pada hari Selasa  (16/7/24) bertempat di Halaman Utama Madrasah. Peserta santri – santriah baru pada hari pertama dengan cuaca pagi yang sejuk dan semangat dan antusias para santri baru untuk melaksanakan kegiatan Matsa di YPPGS.

Kegiatan MATSA ini melibatkan Alumni YPPGS yang saat ini aktif di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di wilayah Propinsi Sumatera Utara yang dikoodinir Oleh Ahmad Fikram dan Rendi Saputra Harahap beserta kawan – kawan dalam naungan Organisasi Ikatan Alumni Pondok Pesantren Gunung Selamat (IKA PPGS).

Hari pertama kegiatan Matsa  dibuka langsung oleh secara simbolis oleh Ayahanda Pimpinan Pondok Pesantren Gunung Selamat Abdullah Khomis, S.Ag bersama Kepala Madrasah MA/MTs,  Kepala Sekolah SMK dan Ustad/Ustadzah sebagai tenaga pengajar di YPPGS yang terdiri ± 45 Tendik.

Baca Juga :  DISPERIDAG MANADO ADAKAN PELATIHAN BISNIS WIRAUSAHA PADA SENTRA IKM TONGKAINA.

Hari pertama dengan pemberian materi yang di bawakan oleh Ahmad Fikram selaku Ketua Panitia MATSA Tahun Pelajaran 2024 – 2025 menyampaikan materi  tentang pengenalan lingkungan pondok pesantren, kemudian hari kedua tentang LKBB dan hari terakhir tentang Games Fun dan perogram unggulannya adalah terkait program dan metode pembelajaran yg efektif dengan harapan santri baru dapat menorehkan prestasi akademik dan non akademik dari segi religius dan non religius.

Dari pantauan media ditempat peserta santri – santriah baru tahun pelajaran 2024- 2025 di Yayasan Pondok Pesantren Gunung Selamat  yang mengikuti MATSA berjumlah 230 santri – santriah yang berasal dari Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten tetangga Padang Lawas Utara  dan ada juga dari Luar Propinsi Sumatera Utara yaitu dari Dalu-dalu provinsi riau.

Baca Juga :  Peringati Hari Musik Nasional 2024, Kemendikbudristek Akan Gelar Serangkaian Acara*
Array
Related posts
Tutup
Tutup