DUA Jenderal Simanjuntak Bertemu, Jenderal Maruli dan Komjen Panca, Bahas Ketahanan Pangan Nasional

Jakarta,Indonesia. NewsIntelijen.Com

 

dispenad

Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Sestama Lemhannas) Komjen Pol Panca Simanjuntak bersama jajarannya melakukan silaturahmi dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kamis (18/1/2024). Komjen Pol Panca Simanjuntak tampak didampingi Tenaga Ahli Pengajar Bidang Geografi Lemhannas Mayjen TNI Ramses Lumban Tobing dan Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Ideologi Lemhannas Marsekal Muda TNI Palito Sitorus. (Dispenad) 

 

 

 

Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Sestama Lemhannas) Komjen Pol Panca Simanjuntak bersama jajarannya melakukan silaturahmi dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kamis (18/1/2024).

 

Komjen Pol Panca Simanjuntak didampingi Tenaga Ahli Pengajar Bidang Geografi Lemhannas, Mayjen TNI Ramses Lumban Tobing dan Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Ideologi Lemhannas, Marsekal Muda TNI Palito Sitorus.

Baca Juga :  Kunjungan kerja Perdana, Jenderal Maruli Simanjuntak MSc Di bumi Nyiur melambai Sulawesi Utara, Terkesan Familer

 

Pertemuan dua Jenderal Simanjuntak itu santai dan diselingi canda tawa. Masing-masing terpancar raut kebahagaian.

 

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi menjelaskan, pertemuan tersebut diskusi tentang perkembangan lingkungan strategis, upaya ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan yang telah dilakukan satuan jajaran TNI AD, serta peningkatan kerja sama antara Lemhannas dan TNI AD di masa yang akan datang.

 

“Ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan tentu menjadi kunci untuk menghadapi ancaman krisis pangan dan bencana alam di masa depan. Berbagai upaya telah dilakukan Indonesia khususnya TNI AD untuk meningkatkan ketahanan pangan dan menjaga lingkungan,”kata Kristomei, Jumat (19/1/2024). 

 

Baca Juga :  Berikan Rasa Aman di Bulan Suci Ramadhan, Sat Samapta Polres Muara Enim Rutin Gelar Patroli,  

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak telah menggiatkan bersih-bersih untuk mengantisipasi potensi banjir di sejumlah wilayah. Menurutnya, TNI AD telah melakukan penanaman pohon di area lahan yang gundul akibat kebakaran yang dipicu el nino.

 

Selain itu, Maruli menegaskan, upaya menjaga lingkungan dan melestarikan alam tidak hanya dilakukan hari ini, namun tetap berkesinambungan.

 

Seperti halnya pembersihan dan penghijauan Gunung Lawu masif dilakukan selepas kebakaran hebat melanda hutan dan lahan Lawu pada Oktober 2023 lalu.

 

Puluhan ribu bibit tanaman ditanam di tiga daerah terdampak kebakaran, meliputi Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, serta Kabupaten Magetan dan Ngawi, Jawa Timur.

 

Gerakan pembersihan dan penghijauan dengan tema Gulaku Gulamu (Gunung Lawuku Gunung Lawumu) ini melibatkan 2.010 personel gabungan TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sukarelawan berbagai organisasi dan masyarakat setempat.

Baca Juga :  Kunjungan Danpas Brimob II ke Sampit, Cek kesiapan Personel Brimob Kalteng Kalimantan Tengah Newsintelejen.com. Komandan Pasukan (Danpas) II Korps Brimob Polri, Brigjen Pol Arif Budiman, S.I.K., M.H. melakukan kunjungan kerja ke Mako Brimob Batalyon B Pelopor Sampit Kabupaten Kotawaringan Timur, Kalteng, Selasa (10/10/2023). Didampingi Dansat Brimob Polda Kalteng Kombes Pol Pria Premos, S.I.K., M.M. serta pejabat utama Satbrimob langsung memimpin apel dan memberikan pengarahan kepada personel Brimob. Tujuan kedatangan Jenderal bintang satu tersebut adalah untuk asistensi tentang kesiapan operasional jajaran Satbrimob dalam menghadapi tahapan Pemilu 2024 yang tidak lama lagi akan dimulai Dalam arahannya, Danpas II menyampaikan, pasukan Brimob adalah kepanjangan tangan Dankor Brimob di wilayah sehingga nanti Pasbrimob memilik pasukan sendiri, yang kedepanya masing masing Pasbrimob memilik 8 Resimen, 4 Resimen Gegana 4 Resimen Pelopor. Sehingga wilayah Polda jika membutuhkan BKO tidak lagi dari Korp Brimob melainkan tanggung jawab dari masing masing Pasukan Brimob. "Tugas apapun yang diberikan oleh negara diberikan pimpinan kepada kita, kita harus siap. Siapkan mental, fisik, serta peralatan," tegasnya. (R.Rahmat Saleh)

 

Kasad Maruli memimpin langsung gerakan pembersihan dan reboisasi pada Rabu (20/12/2023) di Pos Pendakian Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, tersebut.

 

 

Maruli Simanjuntak meminta gerakan pembersihan dan penghijauan terus berjalan, tidak berhenti di sini saja.

 

Menurutnya, perlu regulasi dari pemerintah daerah untuk mendukung gerakan tersebut. “Kegiatan ini diharapkan jadi budaya bersama. Jangan berhenti di sini,” katanya.

 

“Saya berterima kasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam pembersihan dan penanaman ini. Kegiatan ini mudah-mudahan terus berjalan demi menjaga alam,” Tutup M.Simanjuntal. “JS

Array
Related posts
Tutup
Tutup