Petani resah hama tikus,POPT-PHP Provinsi tinjau dan laksanakan Gerdal OPT Tikus sawah

Padang lawas News intelijen

Dalam upaya meningkatkan usaha pertanian masyarakat jajaran POPT-PHP provinsi sumatera utara melaksanakan gerdal OPT Tikus sawah di kecamatan huristak kabupaten padang lawas.10/8/2024

 

Tepat nya di desa siala gundi dan desa pasir ulok tano POPT-PHP bersama jajaran nya turun dan tinjau serta melaksanakan upaya gerdal OPT atau pemberantasan tikus sawah yang sangat meresahkan para petani dalam bidang usaha pertanian.

 

Pelaksanaan gerdal OPT tersebut di lakukan atau bertujuan untuk meningkatkan hasil dari pertanian masyarakat,Upaya yang di lakukan dengan membasmi lubang tikus dengan peralatan yang di gunakan berupa tabung gas dan balerang.

 

Upaya yang di laksanakan dengan mencari lubang tikus kemudian balerang di masukan ke dalam lubang dengan cara di semprotkan dengan tabung gas.

Baca Juga :  Kasihan, Warga Panyabungan Beli Beras Tak Layak Konsumsi di Pasar Murah

 

Menurut dari keterangan masyarakat yang awak media konfir di lokasi tersebut,menurut nya dalam usaha pertanian padi yang paling petani resahkan itu adalah hama tikus,hama tikus ini yang sangat merugikan hasil pertanian dan bisa saja membuat para petani gagal panen.terang nya

 

Dengan upaya yang di laksanakan tersebut dapat mengurangi dampak kerugian atau gagal panen nya masyarakat petani di kecamatan huristak,hkusus nya masyarakat petani desa siala gundi.

 

Harapan nya dengan adanya kegiatan ini masyarakat petani dapat memahami cara cara membasmi hama tanaman tersebut dan bisa mempraktekkan nya di lahan sawah nya masing masing dan berharap panen depan dapat meningkat dari biasa nya.

Baca Juga :  program pelatihan/ sosialisasi bersih lingkungan dengan sampah organik menjadi eco enZym

 

Acara tersebut di hadiri oleh kepala Dinas pertanian FALA ALFITRI DAULAY S.TP,Pimpinan balai penyuluhan pertanian kecamatan huridtak FAUJIAH MARHANA POHAN SP.MP,Petugas POPT provinsi sumatera utara (4 org)dan petugas dari kabupaten padang lawas 16(org),Babinkamtibmas polsek barteng BRIPKA AZMI SYAHPUTRA,Babinsa koramil 10 binanga SERDA ABDUL HARAHAP,kepala desa siala gundi PEGANG HARAHAP dan 22 orang dari masyarakat.

 

Dari pantauan awak media ini acara tersebut berjalan aman dan sukses.(AL siregar)

Array
Related posts
Tutup
Tutup