Prestasi La Ode Riago Memberikan Kebahagiaan Kepada Masyarakat Sultra, Muna Pada Umumnya *

Oleh :Anto

 

Newsintelejen.com – La Ode Riago yang dikenal sebagai Ketua Umum Persatuan Masyarakat Muna Indonesia, tepat pada tanggal 17 Agustus 2024 menghadiri undangan langsung dari Kerajaan Nusantara untuk mengikuti Upacara kemerdekaan yang ke – 79 diistana negara.

 

Dalam perjalanannya, La Ode Riago saat upacara mengenakan pakaian Adat Muna dengan motif Kuning keemasan dengan filosofi ( bheteno Netombula )yang merupakan Raja pertama Muna bernama Yang Mulia La Eli dan allhamdulillah mendapatkan penghargaan serta terpilih nomor 1 terbagus dari beberapa pakaian adat dikerajaan Nusantara se – Indonesia yang hadir pada upacara kenegaraan di istana negara ke – 79.

 

Kebahagiaan itu ditandai dengan adanya penghargaan langsung dari Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dimana Pak La Ode Riago berhasil tampil indah dengan pakaian lengkap adat Muna seperti seorang Raja yang tetap menjaga budayanya serta menunjukan ciri khas daerahnya Provinsi Sulawesi Tenggara khususnya Muna yang kental dengan budaya.

Baca Juga :  Bapak Camat kecamatan barumun tengah pimpin upacara penaikan bendera sang saka merah putih di HUTRI Ke 78Th

 

Dengan prestasi yang kita torehkan ini saat HUT RI Ke – 79 di istana negara, ini menunjukan suatu gambaran bahwa kita sebagai warga negara yang memiliki aneka ragam suku, budaya, bahkan bahasa harus benar – benar kita jaga dengan baik, “kita bersama – sama kita jaga budaya kita dengan tujuan mengangkat nama daerah bahkan budaya apalagi menjaga yang namanya persatuan”, ucap beliau sambil mengucap rasa syukur.

 

Prestasi ini Untuk daerah, masyarakat Sultra, Muna, untuk kita semua, ini merupakan kesyukuran bagi kita semua. Saya berharap kedepannya pemerintah provinsi sampai daerah selalu memberikan support sehingga kita tetap kolaborasi bersama dalam menjaga adat dan budaya kita.

Baca Juga :  Wabup Humbahas, Dr.Oloan Paniaran Nababan, SH MH. Meninjau Lokasi Banjir Bandang. 

 

Disisi lain, kebahagian itu tidak hanya hadir dari beliau, melainkan dengan masyarakat, karna sejak negara menganugerahi baju adat Muna di istana negara banyak ungkapan rasa syukur seperti ucapan dalam diskusi di group -: group WA mengenai penghargaan yang ditorehkan.

 

Ucapan itu misalnya ” Raihan Awards Pak Riago adalah bentuk jawaban elegan atas kritik sebagian publik wuna terhadap eksistensinya..

 

Resistensi publik dijawab dengan raihan prestasi. Nih karakter Bangsawan yg sebenarnya (the Primus Inter Parents)

 

Patut menjadi role model mieno wuna ketika diberi amanah atau jabatan publik….

 

Sekiranya puluhan hartawan mieno seperti Pak Riago? Insya Allah Wuna maju pesat.📣👍”

Baca Juga :  Hari terakhir Safari Muharram 1445 H, Pemkot Padangsidimpuan Jumpai warga desa Baruas

 

Maka dari torehan ini, saya juga persembahkan untuk seluruh masyarakat Muna, dan saya akan museumkan di tempat museum kita di Muna agar menjadi bukti sejarah bahwa negara hadir menganugerahi baju kerjaan adat Muna dalam acara besar kenegaraan disaat mata dunia melihat bukti sejarah ini, tutupnya.

 

 

Laporan : Anto R

Array
Related posts
Tutup
Tutup